Cerita KSR PMI Kota Surabaya

Asalammu'alaikum Wr.Wb.


Tak terasa waktu berlalu begitu cepatnya,sudah ada 1 tahun aku menjadi KSR PMI Kota Surabaya. Banyak cerita dan pengalaman yang aku alami. Mulai dari yang menyenangkan hingga aneh tapi nyata. Hehe

Ingin rasanya menceritakan semua pengalaman ini secara menyuluruh dan kutuangkan dalam blog aku kali ini. Tujuannya agar segala pengalaman berharga terarsip dengan rapi untuk kubawa kelak saat tua nanti sebagai kenangan masa muda gitu.

Yeah,aku mulai cerita ya?
Selama menjadi anggota KSR,itu memiliki kewajiban sebagai berikut :

1. Siaga Posko 24 Jam (Siaga Ambullance PMI)

PMI Kota Surabaya berkomitmen dalam memberi pertolongan pertama untuk keadaan darurat, yaitu: Kecelakaan Lalu Lintas, Kebakaran, Evakuasi Jenazah, Rujuk T4/orang terlantar ke Rumah Sakit dan sebagainya. Oleh karena itu,perlunya para sukarelawan untuk stand by di Posko untuk kegiatan kemanusiaan ini. Dalam sehari terbagi menjadi tiga shift,khusus anggota baru biasanya akan memperoleh shift 3 (22.00 - 06.00 WIB). Alhamdulillahnya, orang tua mengijinkan aku jaga malam. Hehe
# Selfie 03.00 WIB


Selama 1 tahun ini,aku menemukan keadaan darurat dengan intensitas yang berbeda-beda. Tapi ada 1 kejadian yang mungkin tidak akan terlupakan sampai seumur hidupku,yaitu KLL Supranatural di daerah Jl. Semarang. Singkat cerita,ada kakek berusia kurang lebih 60 th keatas ditabrak oleh pengendara R2. Kejadian tersebut menyebabkan si kakek ini mengalami dislokasi (indikasi patah tulang) di bagian lengan kanan. Saat rekan PMI datang,sesegera mungkin melakukan pembalutan dan pembidaian. Setelah selesai penanganan,rencananya si kakek segera di rujuk ke rumah sakit terdekat. Tapi,anehnya si kakek marah - marah tidak jelas dan berbicara diluar nalar. 

Yup,betul sekali si kakek mengalami kesurupan. Hal itu terjadi di depan mataku sendiri. Aku tidak pernah membayangkan hal seperti ini sebelumnya,bakal terjadi saat penanganan. Akhir cerita,si kakek mulai sadar setelah dilakukan doa - doa gitu. 


2. Siaga Lebaran
Siaga berlangsung pada masa mudik lebaran atau pulang kampung. Setiap relawan PMI tersebar dibeberapa titik rawan keramaian di Kota Surabaya,seperti: Terminal Bungurasih, Terminal Osowilangon, Gapura Surya dan Persilangan Jalan Jembatan Suramadu. Sebelum mengikuti siaga lebaran, KSR dan TSR wajib mengikuti refresh materi. Serta,terselenggaranya APEL seluruh jajaran terkait di Balai Kota atau Taman Surya. Langsung bertemu dengan Bu Risma (Walikota kesayangan Warga Surabaya).


3. Siaga Event di Surabaya
Kalau untuk siaga ini banyak senangnya. Hehe
Siaga event,seperti: Upacara di Pemeritahan Kota, parade dan budaya, kegiatan olahraga, konser musik dan sebagainya.

4. Spesialisasi PP
Setiap tahunnya ada pelatihan spesialisasi untuk anggota baru,semacam peningkatan kapasitas diri.

5. Simulasi Keadaan Darurat
Perlunya sinergi seluruh jajaran dalam melakukan pertolongan dalam keadaan darurat. Tapi kalau yang aku share ini bukan simulasi sesungguhnya tapi cuma untuk dokumentasi. Hehe





Kurang lebihnya seperti itu kegiatan jadi KSR PMI Kota Surabaya. Oh ya,sedikit menambahkan pengalamanku sharing ilmu tentang materi penilaian dalam pertolongan pertama di Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya.





Salam berbagi dan semoga bermanfaat,
L.R.D.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Duplikat STNK Hilang di Surabaya

Plesir Malang ala Backpackers

Diklat Lapangan KSR PMI Surabaya A18 & Pelantikan