Duplikat STNK Hilang di Surabaya


Asalammu'alaikum Wr. Wb.
Hai semua, lama gak nulis blog ini :D 
Sedikit berbagi tentang pengalamanku, kehilangan STNK beberapa hari yang lalu. Semoga tulisanku ini, dapat membantu kalian yang sedang mengalaminya. Percaya deh, mengurus STNK hilang itu tidak seribet yang kita pikirkan, selama tahu alurnya. Jadi, tidak perlulah pakai jasa calo. Apalagi menggunakan jasa calo untuk mengurus kehilangan STNK, sekitar 500 - 900 ribu. Padahal, kalau mau urus sendiri habisnya sekitar 120 - 150 ribu ( STNK sepeda motor) dan bisa selesai dalam kurun waktu 2 hari saja. Oke, langsung aja ya :

HARI - 1

1. Persiapan Dokumen
Dokumen yang perlu disiapkan, yaitu : BPKB asli, KTP asli (sesuai STNK).

2. POLSEK (Biaya Gratis)
Segera mungkin melakukan laporan kehilangan STNK ke POLSEK terdekat atau sesuai domisili. Syarat : KTP asli dan 2 lembar fotokopi BPKB.
Contoh : Rumahku di daerah Kec. Lakarsantri, berarti aku wajib lapor ke POLSEK Lakarsantri. Saat melapor, kita akan mendapat : Surat Keterangan Hilang STNK (SK POLSEK) dan Laporan Kemajuan (LAPJU).
Catatan
a. Pastikan data tidak ada yang salah ketik. Khususnya Nama, No. Rangka dan No. mesin!
b. SK POLSEK pasti jadi hari itu juga, akan tetapi khusus LAPJU, itu bisa langsung jadi atau tidak. Jika tidak, berarti terpaksa kita kembali ke POLSEK sesuai hari yang ditentukan.




3. SAMSAT (Biaya Gratis)
Bertanya persyaratan mengurus pembuatan duplikat STNK hilang di Loket Bag. Duplikat. Kamu akan memperoleh kertas kecil seperti dibawah ini. Kamu juga bisa melakukan cek fisik dan pembuatan LEGES (Bukti melunasi pajak kendaraan). Persyaratan : KTP asli, BPKB asli, dan SK POLSEK. 
Catatan : Berhubung rumahku termasuk Surabaya Barat, berarti aku perlu datang ke SAMSAT TANDES.




4. Jasa Biro Iklan
Salah satu syaratnya, memang wajib memasang iklan kehilangan  STNK di koran. Aku memakai jasa iklan koran "Memorandum" soalnya paling murah, yaitu 18 ribu. Berikut alamat jasa biro iklannya KLIK
Catatan : Simpan bukti kwitansi dan tentukan tanggal penayangan iklannya. Kalau aku langsung besoknya, minta ditayangkan iklan barisnya.


HARI - 2

1. Beli Koran 
Klipping iklan baris tersebut dan simpan. Harga Koran "Memorandum" 3 ribu.

2. SATLANTAS Surabaya
Pembuatan "OPSI" (Surat keterangan bebas tilang dan kecelakaan lalu lintas) dikenakan biaya administratif (terserah). Syarat : BPKB asli dan LAPJU. Alamatnya KLIK
Catatan: Bawa uang pecahan 5 atau 10 ribu.


3. POLDA JATIM (Biaya Gratis)
Minta rekom POLDA JATIM, yaitu berupa Nota dinas. Persyaratan : (semua syarat yang sudah terkumpul) dalam 1 map.
Catatan : Lepas jaket saat masuk ke dalam lingkungan POLDA. (sudah aturan)

4. SAMSAT
Menyerahkan semua persyaratan dalam 1 map ke Loket Bag. Duplikat dan ikuti arahan petugas. Biaya duplikat sesuai aturan yang berlaku untuk sepeda motor dikenakan biaya 100 ribu.


Akhirnya, setelah wira-wiri jadi juga duplikat STNK. Alhamdulillah :D


Catatan : Sebenarnya mengurus STNK cukup 2 hari, Jika LAPJU langsung jadi hari itu juga dan kamu wajib mengurusnya  dari pagi hari.

Semoga Bermanfaat,
Salam

L.R.D.

Komentar

  1. Terimakasih byk, infonya sangat membantu dan jelas sekli.....

    BalasHapus
  2. ini baru bener , nggak segampang seperti ditulis di media online.

    BalasHapus
  3. Infonya cukup membantu, cuman kalau aku g gratis (Surat Kehilangan, BAP/LAPJU bayar sukarela aku kasih @ 10.000, trus Opsi Manyar bayar @20.000 (sudah ditarif) :-D. belum sempat ke Polda sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga segera kelar urus duplikat stnknya🙏 Rekom Polda gratis.

      Hapus
  4. Jelas Sekali , Tapi Kalau Stnk Hilang di surabaya, sepeda motor nganjuk apakah sama prosedurnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tahu juga,tapi saran urus laporan kehilangan dulu di polsek terdekat (perkiraan stnk hilang) atau polsek domisili sekarang.

      Coba tanya,ke Pak Polisi. (Syaratnya apa saja)

      Hapus
    2. Mau tanya klo ngurus stnk hilang trus udah jadi (stnk duplikat) apa entar stnk duplikat.y klo mau ganti plat stnk.y bisa jd stnk asli ...mksh

      Hapus
  5. Terimakasih. Infonya sangat membantu

    BalasHapus
  6. Bg kalau KTP atas nama yg punya motor nggak ada gimana.. tapi BPKB.nya ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya wajib KTP pemilik. Tapi juga bisa pakai KK (Kartu Keluarga).

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Plesir Malang ala Backpackers

Diklat Lapangan KSR PMI Surabaya A18 & Pelantikan