Langsung ke konten utama

KKN - BBM 54 Universitas Airlangga 2016 (Tlogoargo, Tiris, Kab. Probolinggo)



Alhamdulillah, KKN ku lancar, proker berjalan baik, pengalaman lewat jalan ala offroad dan susah sinyal, semua itu sungguh membekas dihati. Apalagi kebaikan warga desanya. Ya Allah, baik banget orang - orang disana. Sudah ramah pakek banget dan suka memberi tawaran "Monggo mampir,mbak mas" bukan hanya basa - basi belaka. Mereka sungguh - sungguh menawarkan dengan tulus. Serta, sering dapat pisang satu tundun, sayur mayur, kelapa muda dari warga sekitar. Seneng banget pokoknya! (KKN only!)



Tapi sebelum itu, diawal - awal sempat kaget dengan kondisi desa yang kutinggali selama sebulan itu. Hampir 4 hari berturut - turut aku menangis disetiap doaku karena belum terbiasa dengan kondisi susah sinyal dan gak bisa kemana - mana oleh sebab medan jalannya yang sulit ditempuh. Serta, kangen sama orang rumah. Padahal, aku bukan orang yang cengeng dan biasanya tidak pernah merasakan homesick yang berlebihan seperti ini. Toh, sebelumnya aku pernah merasakan jauh dari orang tua karena magang 2 minggu di Jogja. Alhamdulillahnya, seiring dengan waktu, aku mulai dapat beradaptasi dengan lingkungan di Desa Tlogoargo.

Nah, kali ini mau sharing Program Kerja (ProKer) selama KKN : (Check tis out!) hhe :D

1. Penyuluhan Gemar Makan Ikan dan 4 Sehat 5 Sempurna

Proker (Program Kerja) pertama yang bertepatan, aku sebagai penanggung jawabnya. Sebagai proker pertama, aku merasakan sedikit kekhawatiran tentang acara yang akan berlangsung. Tahulah karena ini yang pertama, jadi seperti kelinci percobaan gitu. Proker pertama ini berlangsung di Dusun Darungan yang butuh waktu tempuh 25 menit dari basecamp. Serta,medan yang cukup ekstrim. Tapi, Alhamdulillah prokerku sukses dan lancar dengan bantuan teman - teman. Walaupun begitu, saat penyuluhan aku sedikit merasa gugup. Hehe :D







2. Pola Hidup Sehat dan Bersih
Proker PHBS ini terdiri dari 2 kegiatan dan ditempat yang berbeda pula.

a. Kesehatan Gigi di SDN Tlogoargo 2




b. Mencuci Tangan di MI Nurul Islam




3. Gerakan Pintar dan Study English (StuEng)
Proker ini terdiri dari 2 kegiatan dan ditempat yang berbeda pula.

a. Gerakan Pintar di SDN Tlogoargo 1




b. Study English (StuEng) di  MI Nurul Islam



4. Kegiatan Tangkas Mewarnai
Proker ini bertujuan untuk melatih motorik halus anak. Acaranya berlangsung di Balai Desa Tlogoargo. Antusiasme yang cukup tinggi adalah bukti suksesnya proker ini.




5. Penyuluhan Sex Education
Proker ini bertujuan untuk memberi edukasi kepada orang tua dan anak tentang pentingnya mengetahui area pibadi. Serta, peran penting orang tua dalam menjaga pergaulan anaknya. Hal tersebut diharapkan agar anak dapat jauh dari tindakan pelecehan seksual.



6. Bank Sampah
Proker ini berlangsung di rumah Kepala Desa Tlogoargo.



7. Penyuluhan Kreativitas
Proker ini seharusnya ditujukan untuk para pemuda di Desa Tlogoargo. Akan tetapi, tidak jadi berlangsung dikarenakan kurangnya menyebarluaskan informasi acara ini ke warga.

8.  Penyuluhan Tekanan Darah dan DAGUSIBU 
Proker ini terdiri dari 2 kegiatan dan berada pada tempat yang sama.

a. Penyuluhan Tekanan Darah
Proker yang diawali dengan pengecekkan tekanan darah untuk lansia. Serta, pemberian obat - obatan.

b. DAGUSIBU
Kepanjagannya Dapatkan, Gunakan, Simpan dan Buang. Proker yang bertujuan untuk mengedukasi warga bagaimana penggunaan obat secara benar dan tepat.




Berikut ini, edisi "Jangan Lupa Bahagia" :
Yeah Liburan, Main ke sungai, Cari kelapa muda di kebun, Ngopi bareng, Makan bareng pakai kertas minyak selama sebulan, cari sinyal,dll.

















Tidak lupa saya ucapkan : Terima Kasih kepada seluruh perangkat desa dan warga Tlogoargo, Tiris, Kab. Probolinggo.

Follow instagram : @luthfi_rd

Salam berbagi dan semoga bermanfaat,
L.R.D.

Komentar

  1. Terima kasih sharingnya.. inspiratif sekali.. kebetulan semester ini saya KKN ke desa tlogoargo juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama, oh ya sekedar info. Di tlogoargo ada danau dusun segaran,yang niatnya mau jadi pariwisata. Tapi belum dikelola sama sekali. Sebenarnya potensinya,selain pariwisata juga bisa buat budidaya ikan lho.

      Hapus
  2. Mbak mau tanya, kelompoknya ditentuinnya gimana? Random atau urut NIM? Tempatnya juga random kah? Huhu takut, gimana ya nanti kalo KKN :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dek, kelompoknya dan tempat KKN ditentukan oleh pihak unversitas. Jadi tiap kelompok berisi 10-11 orang yang diacak dari berbagai fakultas.
      Sebelum KKN, kalau bisa mengunjungi desanya terlebih dahulu biar tidak kaget.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Duplikat STNK Hilang di Surabaya

Asalammu'alaikum Wr. Wb. Hai semua, lama gak nulis blog ini :D  Sedikit berbagi tentang pengalamanku, kehilangan STNK beberapa hari yang lalu. Semoga tulisanku ini, dapat membantu kalian yang sedang mengalaminya. Percaya deh, mengurus STNK hilang itu tidak seribet yang kita pikirkan, selama tahu alurnya. Jadi, tidak perlulah pakai jasa calo. Apalagi menggunakan jasa calo untuk mengurus kehilangan STNK, sekitar 500 - 900 ribu. Padahal, kalau mau urus sendiri habisnya sekitar 120 - 150 ribu ( STNK sepeda motor) dan bisa selesai dalam kurun waktu 2 hari saja. Oke, langsung aja ya : HARI - 1 1. Persiapan Dokumen Dokumen yang perlu disiapkan, yaitu : BPKB asli, KTP asli (sesuai STNK). 2. POLSEK (Biaya Gratis) Segera mungkin melakukan laporan kehilangan STNK ke POLSEK terdekat atau sesuai domisili.  Syarat : KTP asli dan 2 lembar fotokopi BPKB. Contoh : Rumahku di daerah Kec. Lakarsantri, berarti aku wajib lapor ke POLSEK Lakarsantri. Saat melapor, kita ak

Contoh Surat Undangan & Ucapan Tahlil 40, 100, 1000 Hari

Asalammu'alaikum Wr. Wb. Aku mau sharing template yang berhubungan dengan acara tahlilan. Ukuran kertas A4 dan file Doc. (Ms. Word). Download di google drive berikut. Semoga membantu :) *Note: Tidak perlu izin permintaan akses, cukup klik download-jika sudah berhasil diunduh-bisa diedit sesuai kebutuhan. Terimakasih Contoh surat undangan tahlil 40, 100, 1000 hari: https://drive.google.com/open?id=1fzUXhyPzK_xuThspEbufKX0FC7hSi960 Contoh ucapan di nasi berkat tahlil 40, 100, 1000 hari: https://drive.google.com/open?id=10e65045aZK0M1lv8KbadpY78yHRvKRDV Salam berbagi. L.R.D *Hallo, pembaca! Saya selaku pemilik blogspot ini barusan membuka toko online ATK dan Office Equipment. Jika berkenan mampir dulu :)   tokopedia.com/cloverstationery Terimakasih

KERJA KERJA KERJA

Awalnya diri ini kekeh banget untuk memulai usaha dan tidak perlu kerja ikut orang lain. After lulus kuliah, mencoba  magang dan freelance di Start Up yang aku inginkan. Terus berlanjut buka usaha kue, plus jadi dropship barang perkantoran dan sekolah. Happy banget bisa tembus omset hingga diatas 10 juta/bulan padahal baru satu tahun merintis. Tapi aku menyadari bahwa omset hanya sekadar nilai dan persentasi fee yang di dapat belum bisa menghidupi. Serta, usaha ku untuk berbisnis pun belum optimal dan banyak rebahannya. Kreativitas yang minim juga jadi alasan utama usaha menjadi diam ditempat. Berpikir ulang, Apa iya terus menjalani rutinitas seperti ini? Ditambah pandemi, aku jarang bertemu orang baru karena banyak event komunitas yang ditiadakan. Mencoba melihat realitas, bahwa tidak semua hal sesuai dengan rencana. Alhamdulillahnya dapat tawaran pekerjaan oleh kerabat. Bismillah, mungkin ini salah satu cara Allah membuka pintu rezekiku.  Semoga pekerjaan baru ini membawa keberkahan!