Langsung ke konten utama

REWIND 2019

Aku ingin sedikit membagi cerita tentang kilas balik selama tahun 2019. Seperti halnya Film NKCTHI (Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini) yang lagi hits dengan tagline "Setiap keluarga punya rahasia". Oleh karena itu, Aku ingin berbagi cerita dan berharap pembaca dapat mengambil hikmahnya. Sebelumnya aku minta maaf karena diri ini tidak pintar merangkai kata bahkan kalimat yang baik. Cuma sharing santai ya :)

Awal tahun 2019, aku masih harus menginap di Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya. Menunggu Bapak yang berjuang melawan penyakit Kanker Getah Bening stadium 4. Sudah sekitar sebulan lebih kami sekeluarga berada di kamar rawat inap bergantian mendampingi beliau. Walaupum akhir Desember 2018, dokter sudah memberi peringatan tentang kemungkinan terburuk. Kami sekeluarga berusaha tegar, apalagi bapak yang mendengarnya secara langsung. Hancur rasanya hati kami sekeluarga. Masih banyak hal yang sedih terjadi beruntun di tahun 2019. Berikut cerita selengkapnya:

03 Januari 2019
(Ulang Tahun Terakhir)
Hari ulang tahun ke-24  bersama Bapak di Rumah Sakit. Saat itu hanya aku yang menjaga Bapak, jadi cuma berdua di kamar rawat inap. Pukul 00.00 sambil senyam-senyum, aku bilang: "Sekarang ulang tahunku,Pak". Bapak sambil tertawa, menjawab: "Maaf ya Bapak sampai lupa ulang tahun Mbak Fifin (nama panggilan di keluarga). Ayo beli es krim dan jajan di kantin (24 jam)". Bergadang bersama sambil cerita hal-hal yang menyenangkan. Bapak mengungkapkan: "Ingin sekali melihat Mbak Fifin dan adik bahagia (Bapak ingin melihatku segera Wisuda dan Menikah)". Aku dengan nada bercanda membalas: "Pastilah Pak, inshaAllah Bapak segera sembuh".

14 Januari 2019
(Mbah Berpulang)
Pertama kalinya merasakan kehilangan salah satu orang yang kusayangi yaitu Mbah Sartimah. Mbah yang sedari kecil turut merawat diriku dan adik (teringat). Hal yang membuatku makin sedih adalah melihat Bapak  tidak dapat ikut serta dalam prosesi pemakaman mbah karena lumpuh sebagian sejak bulan November 2018. (Aku sangat tahu betapa sedihnya Bapak tidak bisa mengantar Ibu yang paling beliau sayangi ke peristirahatan terakhir).
9 Maret 2019
(Wisuda)
Alhamdulillah dan ucap syukurku atas kesempatan merasakan momen wisuda yang selama ini memang kuperjuangkan. Wisuda bukan hanya memiliki arti seremonial bagiku. Tapi lebih dari itu, pembuktian menyelesaikan tanggung jawab dan mewujudkan harapan Bapak. (Padahal saat itu, aku sudah Bodo Amat dengan gelar serta embel-embelnya dan terfokus kesembuhan Bapak). Walaupun, saat wisuda Bapak tidak bisa hadir, tapi melihat anaknya sudah selesai. Terpancar raut wajah kebahagiaan dari Beliau.

19 Maret 2019
(Magang Campuspedia)
Aku mencoba magang di Campuspedia selama 3 bulan, tujuan awalnya sih untuk mencari pengalaman dan kesibukan. Pas awal mengikuti, aku mampu beradaptasi dan dapat mengikuti ritme aktivitasnya. Tapi, saat itu juga kondisi Bapak mulai tidak stabil dan menurun. Aku mulai kesulitan membagi waktu antara magang dan rumah sakit. Akhirnya kuputuskan untuk tidak menyelesaikan sampai batas waktu magang yang sudah ditentukan diawal. Walaupun seperti itu, tanggung jawabku sebagai bendahara di acara "Ramadhan 1000 Kebaikan" yang digagas Campuspedia wajib diselesaikan sampai akhir.
23 Mei 2019
(Bapak Berpulang)
Pukul 14.00 WIB, Bapak sudah menunjukkan tanda-tanda sakaratul maut. (Bagian ini, aku tidak dapat cerita banyak) :"

1 Agustus  2019
(Freelance Reblood)
Awal mulanya, aku mengetahui Reblood karena menonton "Mata Najwa" di Metro TV. Sangat tertarik dengan visi misi nya "Save More Lives" dengan donor darah. Pengalaman wira-wiri Rumah Sakit membuka mata ku tentang pentingnya kesediaan stok darah. Sungguh menyenangkan menjadi salah satu bagian dari "Program Officer" Reblood. Hal yang menarik, bisa bertemu banyak orang khususnya pendonor rutin. Berbagi cerita dan pengalaman, memberi insight baru untuk diri ini. Serta, Founder Reblood yang tidak ragu membagi ilmunya dalam setiap kesempatan.
25 Desember 2019
(Natal)
Perayaan Natal di rumah Mbah Ti  Desa Girikerto, Ngawi. Aku bersama ibu mengambil hari libur selama seminggu. Seperti halnya liburan yang lain, pasti berkunjung ke rumah kerabat dan beberapa tempat wisata.

Salam berbagi dan semoga bermanfaat,
L.R.D

Follow instagram: @luthfi_rd

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Duplikat STNK Hilang di Surabaya

Asalammu'alaikum Wr. Wb. Hai semua, lama gak nulis blog ini :D  Sedikit berbagi tentang pengalamanku, kehilangan STNK beberapa hari yang lalu. Semoga tulisanku ini, dapat membantu kalian yang sedang mengalaminya. Percaya deh, mengurus STNK hilang itu tidak seribet yang kita pikirkan, selama tahu alurnya. Jadi, tidak perlulah pakai jasa calo. Apalagi menggunakan jasa calo untuk mengurus kehilangan STNK, sekitar 500 - 900 ribu. Padahal, kalau mau urus sendiri habisnya sekitar 120 - 150 ribu ( STNK sepeda motor) dan bisa selesai dalam kurun waktu 2 hari saja. Oke, langsung aja ya : HARI - 1 1. Persiapan Dokumen Dokumen yang perlu disiapkan, yaitu : BPKB asli, KTP asli (sesuai STNK). 2. POLSEK (Biaya Gratis) Segera mungkin melakukan laporan kehilangan STNK ke POLSEK terdekat atau sesuai domisili.  Syarat : KTP asli dan 2 lembar fotokopi BPKB. Contoh : Rumahku di daerah Kec. Lakarsantri, berarti aku wajib lapor ke POLSEK Lakarsantri. Saat melapor, kita ak

Contoh Surat Undangan & Ucapan Tahlil 40, 100, 1000 Hari

Asalammu'alaikum Wr. Wb. Aku mau sharing template yang berhubungan dengan acara tahlilan. Ukuran kertas A4 dan file Doc. (Ms. Word). Download di google drive berikut. Semoga membantu :) *Note: Tidak perlu izin permintaan akses, cukup klik download-jika sudah berhasil diunduh-bisa diedit sesuai kebutuhan. Terimakasih Contoh surat undangan tahlil 40, 100, 1000 hari: https://drive.google.com/open?id=1fzUXhyPzK_xuThspEbufKX0FC7hSi960 Contoh ucapan di nasi berkat tahlil 40, 100, 1000 hari: https://drive.google.com/open?id=10e65045aZK0M1lv8KbadpY78yHRvKRDV Salam berbagi. L.R.D *Hallo, pembaca! Saya selaku pemilik blogspot ini barusan membuka toko online ATK dan Office Equipment. Jika berkenan mampir dulu :)   tokopedia.com/cloverstationery Terimakasih

Plesir Malang ala Backpackers (Season 2)

Malang again...  plus BATU. Yeah! Memang kota yang satu ini gak ada matinya untuk ditelusuri. Berbagai tujuan yang lagi populer di sosial media; instagram, twitter, dan sebagainya ada di kota ini. Yuk intip jejakku:D Season 2, bareng sahabat semasa SMA nih! Check this out.. Seperti biasa dengan moda transportasi Kereta Api, kami berangkat dari Stasiun Wonokromo pukul 05.00 WIB. Catatan : Harga KA naik 2x lipat. Jadi, sekarang harga tiket KA PP Surabaya - Malang Rp. 24.000,- / orang. Masih terjangkau oleh kantong mahasiswa, bukan! Sesampainya, pukul 07.00 WIB di Stasiun Malang Kota segera bergegas turun dan cari sarapan. Info : depan stasiun, ada taman dengan sentra pkl berderet rapi dan bersih. Pagi hari. pedagang sudah pada buka, ada nasgor, soto, nasi campur, dll plus harganya murah meriah.  Info : Mau keliling, bingung naik apa? Lebih baik sewa motor  Klik disini   1. Universitas Brawijaya 2. Alun - alun Kota Batu Kalau kesini wa